Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Mengenal 5 Jenis Kimono yang Sering Digunakan Perempuan Jepang

Mengenal 5 Jenis Kimono yang Sering Digunakan Perempuan Jepang

Mengenal 5 Jenis Kimono yang Sering Digunakan Perempuan Jepang

Blog_Voucher

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan pakaian tradisional dari Jepang ini. Yup, kimono! Identik dengan potongannya yang panjang dan melebar, ternyata tidak semua kimono itu sama lho. Kimono punya berbagai macam model yang dipakai sesuai occasion yang berbeda.

Yuk kenali jenis-jenis kimono perempuan Jepang yang bermacam-macam! Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Furisode

gowithguide

Furisode memiliki arti merupakan lengan berayun yang mencirikan potongan lengannya yang panjang dan mengayun. Jenis kimono ini biasa dipakai oleh perempuan Jepang yang belum menikah. Semakin panjang lengannya, maka semakin formal kimono furisode tersebut.

 

2. Tomesode

chiso.co.jp

Tomesode adalah jenis kimono paling formal yang hanya dapat dipakai oleh perempuan yang sudah menikah. Terdapat dua jenis kimono tomesode, yaitu kuro yang paling formal dengan khas warna hitam, dan iro yang memiliki warna selain hitam.

 

3. Yukata

japanobjects.com

Yukata merupakan jenis kimono kasual yang dapat digunakan oleh siapa saja tanpa terbatas usia. Kimono jenis ini biasa dipakai saat festival musim panas sehingga biasanya memiliki warna yang cerah dan potongan yang lebih sederhana dari jenis kimono lainnya.

 

4. Komon

pinterest.com

Komon berarti arti pola kecil. Hal ini terlihat dari motif yang terdapat di seluruh permukaan kimono. Motif pada kimono komon menjadi daya tarik tersendiri hingga ngagak jarang digunakan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Jenis kimono ini bisa digunakan oleh perempuan yang sudah atau bahkan belum menikah. 

 

5. Susohiki

pinterest.com

Susohiki atau hikizuri merupakan jenis kimono yang biasa digunakan oleh para geisha atau penari tradisional Jepang. Jika dibandingkan dengan kimono jenis lainnya, Susohiki atau hikizuri cenderung lebih memiliki model kimono yang lebih panjang hingga hampir menutupi seluruh tubuh.