Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Beberapa Mitos dan Fakta Program Fat Loss

Beberapa Mitos dan Fakta Program Fat Loss

Beberapa Mitos dan Fakta Program Fat Loss

Blog_Voucher

Jika menginginkan tubuh yang lebih ramping, biasanya orang akan fokus pada penurunan jumlah kalori yang masuk tanpa mengetahui asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.  Mengurangi kadar lemak atau biasa disebut dengan fat loss biasanya dijadikan cara untuk menurunkan berat badan. Hasilnya akan menyebabkan program diet yang tidak tepat hingga memengaruhi metabolisme tubuh. Namun ternyata, terdapat beberapa mitos yang mitos fat loss yang berkembang dan masih dipercaya oleh beberapa orang. Berikut ini adalah beberapa mitos dan fakta tentang fat loss.

 

Mitos 1: Menghindari karbohidrat ketika diet

Fakta: Mengurangi karbohidrat secara drastis bisa menyebabkan kekurangan nutrisi

Saat diet bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat tidak berbahaya untuk program diet. Memotong asupan karbohidrat secara drastis akan membuat tubuh kekurangan nutrisi, peningkatan risiko masalah kesehatan, hingga tingkat energi yang rendah. Kamu bisa mengganti karbohidrat yang lebih sehat seperti ubi jalar, roti gandum, buah-buahan, dan sayuran.

 

Mitos 2: Makan sedikit membuat kurus

Fakta: Mengurangi kalori dapat memperlambat metabolisme

Kalori adalah sumber energi, sehingga ketika tubuh kekurangan makanan maka tubuh akan masuk ke mode kelaparan. Pada mode ini, metabolisme tubuh akan menyesuaikan dan lebih cenderung menahan lemak karena khawatir tidak akan mendapatkan suplai makanan lagi sebagai sumber energi yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan bukan penurunan. Mengurangi kalori secara drastis akan memperlambat metabolisme tubuh, yang lambat laun dapat meningkatkan berat badan. Jika dibandingkan dengan asupan makanan yang sedikit, sebaiknya cari asupan kalori yang seimbang dan sehat karena hal itu yang dibutuhkan saat diet. Jadi, sangat penting untuk kamu ingin turunkan berat badan hindari membuatmu menjadi kelaparan.

 

Mitos 3: Bisa mengurangi lemak di bagian tubuh tertentu

Fakta: Bangun massa otot di bagian tertentu, namun tidak mengurangi berat badan di bagian tertentu

Banyak orang yang masih percaya dengan mengurangi lemak di bagian yang penting seperti perut, lengan, atau paha. Meskipun ada banyak olahraga yang menargetkan bagian otot tubuh tersebut, kamu tidak bisa memilih bagian mana yang akan berkurang lebih dahulu. Hal ini karena tubuh akan menyesuaikannya sendiri, bagian mana yang akan mengecil terlebih dahulu sehingga sangat disarankan untuk melakukan olahraga, angkat beban maupun kardio secara rutin.