Arti Fat Loss yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mulai Diet

Blog_Voucher

Jika kamu memulai pola hidup sehat atau melakukan diet, kamu pasti akan mendengar kata fat loss. Fat loss diyakini merupakan hal yang lebih diprioritaskan dibanding weight loss. Sebelum memulai diet, sebaiknya ketahui dahulu arti dari fat loss.

Pengertian fat loss

Fat loss merupakan program yang bertujuan untuk menurunkan persentase lemak tubuh. Program pembakaran lemak ini seringkali disamakan dengan program penurunan berat badan atau biasa dikenal dengan weight loss. Padahal, program fat loss dan weight loss bisa menjadi dua hal yang cukup berbeda. Ketika melakukan program fat loss, tubuh bekerja untuk mengurangi persentase lemak tubuh saja. Sementara, ketika melakukan program weight loss, tubuh ikut mengurangi massa otot dan air, tidak sebatas membakar lemak saja. Maka dari itu, fat loss menjadi salah satu program yang banyak dilakukan oleh penggiat fitness dengan tujuan mengurangi lemak tubuh, namun tidak ikut mengurangi massa otot.

 

Pembakaran lemak tubuh

Berniat menjalani program fat loss juga perlu diketahui bagaimana dasar dari pembakaran lemak di dalam tubuh, diet dan nutrisi yang berperan dalam pembakaran lemak tubuh, hingga aktivitas fisik yang dapat memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Saat melakukan program penurunan berat badan melalui latihan, tubuh akan melakukan pembakaran kalori. Pembakaran kalori ini berasal dari energi yang tubuh yang dihasilkan dari karbohidrat, protein, dan lemak. Penggunaan energi ini berbeda-beda tergantung aktivitas yang dilakukan. Namun tubuh lebih dominan menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi ketika berlatih. Sementara protein lebih digunakan untuk pemulihan otot pasca berlatih.

Karbohidrat merupakan sumber energi pertama untuk tubuh ketika berlatih. Hal ini dikarenakan proses pemecahan karbohidrat lebih sederhana dibandingkan proses pemecahan lemak. Inti pada proses pemecahan karbohidrat ini yakni tubuh mengalami glikolisis atau proses pengubahan glukosa dan fruktolisis atau proses pengubahan fruktosa yang mengubah gula sederhana di dalam karbohidrat secara cepat diubah menjadi energi.

Selain olahraga rutin dan tidur teratur, beberapa cara untuk menjalankan fat loss ialah makan lebih banyak protein dan rendah kalori, mengonsumsi sumber lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun dan konsumsi serat.