Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Cara Membentuk Otot Perut di Rumah

5 Cara Membentuk Otot Perut di Rumah

5 Cara Membentuk Otot Perut di Rumah

Blog_Voucher

Memiliki otot perut yang kencang memang bisa didapatkan dengan pola hidup yang benar. Selain mengonsumsi makan-makanan rendah lemak, kamu bisa membentuk otot perut dengan olahraga. Rutin melakukan latihan untuk membentuk otot perut dapat membuat perut menjadi six pack dan kencang. Nggak perlu khawatir, kamu bisa mulai membentuk otot perut dengan olahraga di rumah. Terdapat beberapa cara olahraga membentuk otot perut yang telah dirangkum di bawah ini.

 

1. Crunch

Gerakan crunch mirip dengan gerakan sit-up namun lebih sederhana. Kamu bisa mulai dengan berbaring dengan posisi lutut tertekuk dan telapak kaki menyentuh matras, silangkan tangan di atas dada lalu pegang pundak, tekuk leher hingga dagu menyentuh dada, lalu angkat punggung atas dan punggung bawah dengan panggul tetap menempel di lantai. Saat mengangkat tubuh, pastikan bahu dan leher tetap rileks lalu turunkan tubuh secara perlahan. 

 

2. Bicycle crunch

Bicycle crunch merupakan variasi gerakan crunch untuk membentuk otot perut dan pinggul. Hampir sama dengan crunch, tekuk dan tarik lutut kiri ke arah dada, sedangkan kaki kanan diangkat sedikit lalu angkat kedua tungkai kaki dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Saat lutut kanan mendekati kepala, dekatkan siku kiri ke lutut kanan. 

 

3. Supine toe tap

Selain melatih otot perut, gerakan ini juga melatih otot bokong, panggul, dan kaki. Angkat kaki dan tekuk lutut hingga membentuk sudut 90° lalu turunkan kaki kanan secara perlahan hingga ujung jari kaki menyentuh ke lantai, lalu angkat kembali secara perlahan. Ketika kaki kanan turun, kaki kiri tetap berada dalam posisi tertekuk dan punggung menempel pada matras.

 

4. Plank

plank adalah gerakan yang mampu membentuk otot perut, lengan, bahu, punggung, bokong, panggul dan kaki. Kamu cukup posisikan diri dengan telapak tangan sejajar bahu dan lutut sejajar pinggul dengan menggunakan kedua tangan sebagai tumpuan berat badan. Angkat kaki sehingga tubuh berada dalam posisi lurus mulai dari kepala hingga ujung kaki lalu tahan posisi ini selama 10–30 detik.

 

5. Mountain climber

Mountain climber merupakan gerakan kombinasi dari plank dan berlari di tempat. Mulai dengan posisi plank lalu angkat lutut kanan ke arah dada. Jaga posisi punggung agar tetap lurus lalu kembalikan kaki kanan ke posisi awal, dan angkat lutut kiri ke arah dada.