Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 4 Basic Skincare yang Cocok untuk Remaja

skincare remaja, skincare terbaik

4 Basic Skincare yang Cocok untuk Remaja

Blog_Voucher

 

Merawat kulit adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan, terutama bagi remaja yang sedang mengalami perubahan hormon dan pertumbuhan. Pemilihan produk skincare yang tepat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit. Berikut adalah 5 skincare yang cocok digunakan untuk remaja:
  1. Pembersih Wajah

skincare remaja, skincare terbaik

Dok. Pinterest (@popsugar)

Pembersih wajah atau face wash adalah skincare pertama yang dibutuhkan oleh remaja. Untuk pemakaian pertama kali, pilihlah pembersih wajah yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras. Sesuaikan juga dengan jenis kulit, misalnya kulit berminyak, kering, atau kombinasi. Pembersih wajah dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Hal ini tentu sangatlah penting, karena minyak berlebih yang menumpuk di wajah dapat menjadi jerawat atau komedo.

  1. Pelembap Non-Komedogenik

Skincare kedua yang terpenting adalah pelembab atau moisturizer. Kelembaban wajah sangat penting untuk menghindari kulit wajah terlalu kering yang bisa menyebabkan iritasi. Pilihlah pelembab yang paling sesuai dengan jenis wajah dan non-komedogenik sehingga tidak akan menyumbat pori-pori yang nantinya bisa menjadi jerawat. Skincare kedua yang tepat adalah pelembab atau moisturizer. 
  1. Tabir Surya

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh sebab itu, tabir surya atau sunscreen juga harus digunakan oleh remaja. Gunakan tabir surya tak hanya saat matahari terik, tapi gunakan juga bahkan di saat mendung atau berada dalam ruangan yang memiliki banyak jendela yang menyebabkan cahaya matahari bisa masuk. Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30, dan pastikan sesuai dengan jenis kulit. Beberapa sunscreen dapat menyebabkan whitecast, maka pilihlah yang paling tepat untuk kulitmu.

  1. Treatment Lokal

Treatment local biasanya digunakan untuk remaja yang mulai timbul jerawat. Jerawat bisa jadi sangat gatal dan bahkan menyakitkan, maka untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan treatment lokal yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide. Treatment lokal ini dapat mengurangi kemerahan dan membantu mengatasi jerawat. Pilihlah yang paling sesuai untukmu agar treatment lokal tersebut tidak membuat kulitmu kering berlebihan.

skincare remaja, skincare terbaik

Dok. Pinterest (@byrawpixel)

Perlu diingat, setiap kulit membutuhkan treatment yang berbeda dengan kulit lainnya. Saat awal menggunakan skincare, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui jenis kulit wajahmu. Seiring berjalannya waktu, lama-lama kamu akan menemukan skincare terbaik apa saja yang cocok untuk kulitmu. Jangan lupa lakukan test patch sebelum mencoba skincare supaya kamu tahu apakah skincare tersebut menimbulkan reaksi alergi atau breakout di wajahmu.