Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips on Traveling: Hal yang Harus Dilakukan saat Visa Ditolak

Tips on Traveling: Hal yang Harus Dilakukan saat Visa Ditolak

Tips on Traveling: Hal yang Harus Dilakukan saat Visa Ditolak

Blog_Voucher

Visa adalah keterangan tertulis yang diberikan oleh pejabat yang berwenang di Perwakilan Republik Indonesia atau di tempat lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia yang menjadi salah satu syarat untuk bepergian ke luar negeri yang bisa digunakan untuk liburan, pendidikan hingga bekerja.

Visa memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan perjalanan ke wilayah Indonesia dan menjadi dasar pemberian izin tinggal. Hal-hal mengenai visa ini juga diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang imigrasi.

Proses pengajuan visa memang akan membuat khawatir karena menghasilkan keputusan diterima atau ditolak. Terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat visa ditolak. Penjelasan selengkapnya simak di bawah ini. 

1. Mengajukan banding

pinterest.com

 

Saat visa ditolak, pihak kedutaan akan memberikan alasan mengenai penyebab visa tidak bisa diterima dan hal yang harus dilakukan setelahnya. Beberapa negara memberikan peluang untuk mengajukan banding jika merasa keputusan tersebut tidak adil.

 

2. Melengkapi dokumen yang kurang

pinterest.com

Salah satu hal yang membuat pengajuan visa yang ditolak karena dokumen yang digunakan sebagai syarat belum terpenuhi atau kurang. Kamu bisa segera melengkapi dokumen yang kurang. Bahkan di beberapa negara memberikan waktu untuk dapat melengkapi dokumen-dokumen yang kurang. Misalnya Amerika Serikat yang memberikan jangka waktu 12 bulan sejak surat penolakan dikeluarkan. 

 

3. Melakukan pengajuan visa baru

pinterest.com

Jika negara yang bersangkutan tidak memberikan izin banding maka kamu tetap dapat mengajukan visa baru. Namun beberapa negara memberikan jangka waktu ketika visa yang diajukan sudah ditolak.

 

4. Mengajukan visa baru di kedutaan yang berbeda

pinterest.com

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat pengajuan visa yang ditolak ialah mengajukan di kedutaan yang berbeda. Semua data dapat terintegrasi satu sama lain sehingga kamu bisa mengajukan di kedutaan yang berbeda dengan memberikan jangka waktu. Sebaiknya jangan langsung mengajukan di visa di kedutaan lain dalam waktu yang berdekatan karena hal ini bisa membuat visa kembali tertolak.