Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips Menulis Kreatif untuk Para Pemula

Tips Menulis Kreatif untuk Para Pemula

Tips Menulis Kreatif untuk Para Pemula

Blog_Voucher

Menulis kreatif merupakan salah satu skill yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan nggak jarang yang menjadikan menulis kreatif sebagai mata pencaharian. Mc. Crimmon menjelaskan bahwa menulis kreatif adalah aktivitas menggali pikiran dan perasaan tentang sebuah subjek, menentukan perihal yang akan ditulis, serta menetapkan teknik penulisannya sehingga orang yang membaca tulisan tersebut dapat memahaminya dengan mudah. Menulis kreatif membantu seseorang untuk menuangkan ide di kepala ke dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca dan dipahami oleh pembacanya. Tulisan kreatif memiliki unsur keindahan yang membuatnya sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Masih bingung cara menulis kreatif, begitu beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menulis kreatif. 

 

1. Membuat list yang ingin ditulis 

pinterest.com

Menulis kreatif akan lebih mudah jika menyusun daftar apa saja yang akan ditulis. Hal ini bisa dikatakan sebagai proses menyusun kerangka tulisan sehingga bisa menciptakan alur cerita dari awal sampai akhir.

 

2. Teknik deskripsi

pinterest.com

Menulis tulisan kreatif bisa dimulai dengan menyusun tulisan dengan teknik deskripsi. Teknik ini artinya menyusun paragraf yang isinya bisa menggambarkan sebuah objek. Kamu bisa mengawali tulisan dengan menjelaskan dengan mendeskripsikan karakter tokoh, kondisi keluarganya dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membantu pembaca lebih mudah berimajinasi dalam menggambarkan tokoh maupun tempat yang dijelaskan.

 

3. Pemilihan gaya bahasa 

pinterest.com

Tulisan kreatif akan semakin menarik jika menambahkan majas. Hal ini berguna untuk  membuat cerita yang disusun bisa memiliki makna yang lebih mendalam.

 

4. Memasukkan hasil riset 

pinterest.com

Riset yang dimaksud nggak membuat tulisanmu berubah menjadi artikel ilmiah. Namun riset ini bisa dilakukan di awal dalam menentukan tema cerita, yakni dengan meneliti kondisi yang terjadi di sekitar sehingga terasa lebih relate dengan pembaca.

 

5. Alur tulisan 

pinterest.com

Menulis kreatif akan lebih mudah dilakukan jika kamu menyusun alur cerita yang jelas. Alur cerita terbagi dalam tiga macam, yaitu alur maju, mundur, maupun kombinasi keduanya. Alur cerita sangat berguna untuk menjelaskan urutan peristiwa di dalam cerita yang dibuat.