Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Ini Dia 6 Museum Art yang Hits di Jakarta!

Ini Dia 6 Museum Art yang Hits di Jakarta!

Ini Dia 6 Museum Art yang Hits di Jakarta!

Blog_Voucher

Saat ini museum seni kembali diminati oleh kalangan masyarakat, karena memiliki ciri khas yang instagramable! Ini yang jadi daya tarik generasi muda semakin membludak. Banyak museum art di Jakarta yang bisa dijadikan referensi liburan bersama sahabat, keluarga ataupun pasangan.

Saking minatnya membludak, beberapa galeri seni memiliki kedai kopi sebagai tempat nongkrong para pengujung. Kalau kamu berencana ingin ke museum art di Jakarta untuk tujuan hangout, simak di bawah ini ya! Teneu de Attire akan memberikan kamu 5 Museum Art yang hits di Jakarta.

1. MoJA Museum

Doc. Instagram.com/mojamuseum

Kalau kamu mau ke galeri seni yang fasilitasnya lengkap bukan hanya pameran aja, kamu wajib ke MoJA Museum atau Museum of Jakarta. 

MoJA Museum ada 14 ruang foto dengan tema yang berbeda. Terdapat juga tiga wahana yang ditawarkan seperti roller skate rink (RoJA by MoJA), MoPAINT, dan Golf by MoJA. MoJA Museum ini bisa jadi wishlist akhir pekan untuk mengisi feed instagram kalian, nih.

Alamat: Komplek Gelora Bung Karno Main Stadium, Jl. Gerbang Pemuda No.1, RT.1/RW.3, Gelora, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270 

Jam operasional: Setiap hari, pukul 11.00-19.30 WIB.

Harga tiket: Rp125 ribu (weekdays), Rp135 ribu (weekend)

2. RUCI Artspace

Doc. Instagram.com/ruci.art

RUCI sebuah art space yang berdedikasi memberikan platform berekspresi terhadap seniman muda Indonesia. Art space ini terdiri dari dua lantai, dimana lantai pertama ditempati untuk kafe, sedangkan lantai dua ditempati untuk pameran karya seni.

Seni yang ditampilkan bisa dari berbagai lukisan, fotografi, sculpture, video, dan lain-lain. Jika ingin berkunjung, pastikan untuk melakukan reservasi dulu, ya.

Alamat: Jl. Melawai VIII No.2A, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 11.00-19.00 WIB

Harga tiket: Gratis

3. Galeri Salihara

Doc. Instagram.com/komunitas_salihara

Galeri Salihara adalah salah satu galeri yang bentuknya unik, melingkar, sangat cocok untuk pameran seni rupa naratif, dimana antara satu karya dengan karya lainnya memiliki kesatuan erat sebagai satu cerita utuh.

Galeri Salihara berada di gedung Komunitas Salihara. Komunitas Salihara sendiri sebuah tempat berkumpulnya para seniman dan penikmat seni yang berdiri sejak tahun 2008.

Selain aktif mengadakan pameran dan pentas seni, saat ini Komunitas Salihara juga menyewakan tempatnya untuk kegiatan-kegiatan seni serta co-working space.

Alamat: Jalan Salihara No. 16, RT. 1/RW. 3, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket: Gratis

4. Taman Ismail Marzuki

Doc. Instagram.com/tamanismailmarzuki

Siapa yang tidak kenal Taman Ismail Marzuki? Ya, pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta. 

Spot ini selalu ramai dikunjungi, baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Taman Ismail Marzuki dilengkapi beragam fasilitas untuk dikunjungi karena konsep dan arsitekturnya modern serta estetik.

Taman Ismail Marzuki pun kerap menyelenggarakan sejumlah kegiatan kesenian dan kebudayaan sebagai daya tariknya. seperti galeri seni, perpustakaan, co-working space, wisma, dan masjid. 

Alamat: Jl. Cikini Raya No. 73, RT. 8/RW. 2, Cikini, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari

5. Dia.Lo.Gue Art Space

Doc. Instagram.com/dialogue_arts

Mau berkunjung ke sebuah cafe dan ada pameran seninya? Wah kamu wajib ke Dia.Lo.Gue Art Space. Selain bisa berfoto dan menikmati karya seni mulai dari fine art and paper installations hingga foto-foto dan video yang bisa kamu nikmati disini, ada aneka makanan mulai dari western hingga Indonesian food juga, lho.

Art space ini cocok untuk kamu yang ingin kerja dengan suasana tenang, atau sekedar menghabisi quality time bersama keluarga. Kalau mau ngerjain tugas, ada fasilitas WIFI loh. Lengkap banget! 

Alamat: Jalan Kemang Sel. No. 99A, RT. 1/RW. 2, Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

Jam operasional: Senin-Minggu pukul 11.00-20.00 WIB.

6. Museum Macan

Doc. Instagram.com/museummacan

Kalau kamu dengar kata “Museum Macan” mungkin kamu akan berpikir bahwa museum yang penuh dengan hewan macan. Atau membayangkan seputar tentang permacanan lah, dari mulai macan yang diawetkan, replika macan, hingga macan- macan lainnya.

Tapi, Museum Macan ini gak ada sama sekali hewan lho. MACAN itu singkatan dari Contemporary Art in Nusantara. 

Museum MACAN adalah museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta internasional. Bukan hanya lukisan, Museum MACAN dikenal kerap mempertunjukkan seni instalasi dan pertunjukkan. 

Alamat: AKR Tower, Jalan Perjuangan No. 5, RT. 11/RW. 10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Jam operasional: Selasa - Minggu pukul 10.00—16.00 WIB.

Harga tiket: Rp90 ribu (dewasa), Rp80 ribu (pelajar atau lansia), dan Rp70 ribu (anak-anak)