Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Cara Menjaga Mental Health di Lingkungan Kantor

Cara Menjaga Mental Health di Lingkungan Kantor

Cara Menjaga Mental Health di Lingkungan Kantor

Blog_Voucher

 

Mental health kini menjadi isu yang semakin mendapat perhatian dari berbagai pihak. Termasuk pada lingkungan kantor. Menghabiskan banyak waktu di kantor dengan tumpukan pekerjaan membuat mental health harus menjadi hal utama yang dimiliki setiap karyawan. Supaya tetap produktif, beberapa cara menjaga mental health di lingkungan kantor yang bisa kamu coba. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Work-life-balance

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menerapkan work-life-balance. Coba untuk membuat pekerjaan dan kehidupan pribadi menjadi dua hal yang berbeda. Sisihkan waktu untuk menekuni hobi atau kegiatan di luar pekerjaan seperti me time atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Hal ini sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan mentalmu.

 

2. Berpikir positif

Pikiran buruk bisa muncul saat tengah berada dalam suatu masalah. Kamu bisa mengatasinya dengan mulai berlatih berpikir positif. Hal ini dapat mengatasi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.

 

3. Berbuat baik 

Menunjukkan perilaku yang baik di lingkungan kantor juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga mental health. Cukup untuk tidak membicarakan keburukan rekan kerja ke orang lain bisa menjadi salah satu caranya. 

 

4. Menjalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bagus untuk kesehatan mental. Mengonsumsi makanan bergizi dapat menciptakan mood yang lebih baik, termausk di tempat kerja. Pastikan tidak menunda makan serta rutin berolahraga. Saat disela-sela pekerjaan kamu juga bisa melakukan peregangan atau berjalan kaki selama 10—15 menit untuk menghilangkan rasa pegal dan ngantuk saat bekerja.

 

5. Pengaturan waktu kerja

Mulai dari sekarang, coba atur sistem kerjanya sehingga meminimalisir lembur. Fokus bekerja membuat pekerjaan cepat selesai. Hal ini bisa membuatmu pulang tepat waktu dan melakukan berbagai kegiatan di luar kantor. Pengaturan waktu yang baik juga bisa membuatmu mendapatkan tidur yang berkualitas, sehingga kamu bisa merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari nantinya.