Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Anti Gagal, 5 Tips Diet Pemula yang Bisa Dicoba

Anti Gagal, 5 Tips Diet Pemula yang Bisa Dicoba

Anti Gagal, 5 Tips Diet Pemula yang Bisa Dicoba

Blog_Voucher

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan diet. Walaupun banyak yang bilang diet itu sulit, namun jika kamu menemukan trik yang tepat, makan menurunkan berat badan adalah hal yang mungkin dilakukan kok. Yang perlu kamu ingat adalah konsistensi. Lalu, apa saja tips diet pemula yang bisa dilakukan?

1. Atur pola makan

tips diet pemula

Diet bukan berarti nggak makan sama sekali lho. Diet artinya mengatur pola makan. Jika kamu sedang dalam fase ingin menurunkan berat badan, yang perlu diingat adalah tubuh tetap membutuhkan gizi seimbang agar dapat berfungsi dengan sempurna. Kamu masih boleh makan apa saja asal dalam porsi sewajarnya. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, serta pastikan tubuhmu mendapat asupan cairan yang baik dengan minum air putih minimal 2 liter per hari.

2. Terapkan metode mindful eating

tips diet pemula

Masih berhubungan dengan poin di atas, ketika diet ada baiknya kamu menerapkan metode mindful eating. Apa itu mindful eating? Hal ini artinya kamu makan dengan penuh ‘kesadaran’ dan tidak berlebihan. Metode ini juga mengajarkan kamu untuk benar-benar menikmati makanan dan berhenti makan ketika sudah merasa kenyang. Mindful eating juga berarti kamu bisa dengan bijak memilih makanan apa yang sebaiknya masuk ke dalam tubuh.

3. Rutin berolahraga

tips diet pemula

Tips diet selanjutnya adalah olahraga. Bukan rahasia lagi kalau olahraga dapat membantu kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Jika selama ini kamu hampir tidak pernah melakukan workout, kamu bisa memulai dengan melakukan jalan kaki selama 30-45 menit. Ini akan membantu tubuhmu mulai aktif kembali. Lakukan hal ini 3 kali seminggu atau tiap hari jika kamu sempat. Setelah terbiasa, kamu bisa mulai meningkatkan intensitas dan jenis olahraga seperti mulai latihan angkat beban yang membantu membentuk otot sehingga kamu bisa mendapat tubuh bugar dan fit.

4. Kurangi asupan makanan dan minuman manis

tips diet pemula

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi memang memiliki dampak buruk bagi tubuh. Tidak hanya menyebabkan obesitas, konsumsi gula berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Oleh karena itu, segera batasi asupan gulamu agar tubuh tetap sehat ya!

5. Tidur yang cukup

tips diet pemula

Tips diet pemula terakhir yang nggak kalah penting dan wajib kamu perhatikan adalah kualitas tidur. Waktu tidur yang kurang mengakibatkan kamu merasa lapar berlebihan saat bangun yang menyebabkan kamu akan makan lebih banyak. Selain itu, kualitas tidur yang kurang baik juga menyebabkan tubuh sering merasa kelelahan yang membuat kamu malas bergerak. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakan tidur 7-8 sehari dan pastikan kualitas tidur benar-benar baik ya!