Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Tips Ningkatin Skill Voice Over Buat Pemula!

5 Tips Ningkatin Skill Voice Over Buat Pemula!

5 Tips Ningkatin Skill Voice Over Buat Pemula!

Blog_Voucher

Pernah gak sih Parisian terngiang-ngiang akan suatu suara iklan di TV atau radio? Apalagi kalau mendengar nama produk tertentu, Parisian hafal tagline yang diucapkan pada iklan.

Karakter dan pengucapan voice over di iklan tersebut jadi salah satu alasan kenapa Parisian bisa hafal loh! 

Sudah banyak channel yang harus menggunakan jasa voice over seperti, iklan radio, e-learning, public announcement sampai dubber untuk film animasi. Gak heran sekarang ini banyak yang mau jadi artis voice over. 

Di bawah ini ada 5 tips voice over yang bisa dicoba untuk para pemula loh!

1. Latihan Senam Mulut dan Wajah

Tips Voice Over

pinterest.com

Latihan ini sangat berguna agar artikulasi kata-kata semakin jelas. Senam ini diharapkan bisa melemaskan otot wajah sebelum mulai melakukan voice over. 

Parisian bisa mencoba latihan mengucapkan AIUEO, humming, tongue twister dan sebagainya.

2. Kenali Karakter Suaramu

Kenali karakter suaramu untuk menentukan konsep dan karakter yang akan diperankan. Seperti, suara perempuan yang lembut akan lebih cocok untuk peran Ibu. Sedangkan suara laki-laki yang terkesan berat akan lebih cocok untuk peran karakter bijak. 

3. Pelajari Naskah dengan Baik

Tips Voice Over


Pahami dan pelajari naskah secara menyeluruh sebelum memulai voice over. Hal ini menghindari kemungkinan salah baca atau salah menggunakan intonasi. 

Gaya dan karakter juga harus disesuaikan dengan tujuan konten voice over yang akan dibuat. Ada gaya yang santai, formal, story telling dan sebagainya. 

4. Gunakan Intonasi yang Tepat

Tips Voicer Over

pinterest.com

Layaknya bernyanyi, ada kata-kata yang baiknya diberi penekanan saat melakukan voice over. Kamu bisa menggunakan berbagai macam intonasi sesuai dengan kalimat yang ada pada naskah. 

Tipsnya, kamu bisa memberikan tanda untuk kata-kata penting supaya tidak lupa saat mulai proses rekaman. 

5. Percaya Diri! 

Confidence is the key! Suara penuh percaya diri akan terdengar sangat berbeda dibandingkan suara orang yang ragu atau pun grogi. 

Tarik napas sebelum mulai rekaman dan coba untuk “masuk” ke dalam karakter yang kamu perankan agar lebih menghayati. Tips ini bisa bikin kamu lebih percaya diri loh!