Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Wajib Coba, Ini Tips Menabung Buat Para First Jobber!

tips menabung

Wajib Coba, Ini Tips Menabung Buat Para First Jobber!

Blog_Voucher

Menabung adalah sebuah kebiasaan yang sungguh berat. Meskipun sepertinya kebiasaan ini sudah diajarkan sejak kita kecil dulu, bersikap tegas dan disiplin pada diri sendiri itu sulit. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang baru mulai bekerja, mungkin gaji yang kamu terima belum seberapa. Menabung itu sepertinya tidak realistis. Tapi jangan salah, Bela. Kamu tetap bisa menabung, kok. Simak trik-triknya berikut ini, ya!

1. Tetapkan budget

tips menabung

Tanpa tujuan kamu bisa kehilangan arah kemana kamu akan melangkah. Untuk itu tetapkanlah seberapa besar budget yang kamu inginkan untuk setiap lini kebutuhanmu. Semuanya akan lebih terkontrol dengan baik kalau kamu sudah menyiapkan jumlah-jumlah tertentu untuk setiap kebutuhan yang kamu miliki. 

2. Penuhi kebutuhanmu terlebih dahulu

tips menabung

Utamakan kebutuhan dasar terlebih dahulu, bayarlah dirimu sendiri menggunakan uang yang kamu miliki. Setelah kebutuhan dasar terpenuhi barulah kamu memikirkan berapa jumlah yang harus kamu berikan pada orang lain dan berapa yang harus kamu tabung untuk masa tuamu serta berapa jumlah yang kamu pakai untuk memenuhi keinginanmu yang lainnya.

3. Atur pengeluaran

tips menabung

Mengontrol pengeluaran mungkin sulit, tapi tidak mustahil. Tahan dirimu untuk tidak membeli semua keinginanmu dan cukup hanya dengan memenuhi kebutuhanmu saja. Tolak tawaran teman untuk pergi berbelanja atau sekadar hangout saja. Dan jangan pasang aplikasi berbelanja online yang memang benar-benar akan menggoda.

4. Buat rekening khusus untuk tabungan

tips menabung

Kalau kamu hanya punya satu rekening, uangmu akan cepat habis karena kamu bisa terus menarik uang. Memisahkan rekening bisa membuatmu yakin bahwa paling tidak sudah ada sejumlah uang yang kamu selamatkan di rekening satunya. Jangan membuat atau membawa ATM untuk rekening tabunganmu saat kamu bepergian agar kamu tak bisa dengan mudah menarik uang tersebut. 

5. Jangan buat kartu kredit

tips menabung

Buat kamu yang baru memulai pekerjaan baiknya tahan dulu dirimu untuk membuat karti kredit. Tak memiliki kartu kredit akan membebaskanmu dari beban membayar utang-utang di akhir bulan. Selain itu, kamu akan menjadi lebih pemilih dan realistis ketika ingin membelanjakan uangmu. Kalau ada kebutuhan yang tak bisa menunggu sampai tanggal gajianmu berikutnya, kamu bisa mengambil dari tabunganmu.