Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Tips Pertolongan Pertama Menyelamatkan Vespa yang Kebanjiran

Tips Pertolongan Pertama Menyelamatkan Vespa yang Kebanjiran

Tips Pertolongan Pertama Menyelamatkan Vespa yang Kebanjiran

Blog_Voucher

Musim hujan yang berkepanjangan menjadi salah satu kekhawatiran para pengguna Vespa. Selain menghalangi waktu perjalanan, jalanan yang rawan genangan hingga banjir juga berpotensi membuat Vespa lebih cepat rusak. Yup, banjir mampu sampai merendam Vespa hingga bisa membahayakan mesin di dalamnya. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan Vesta dari kebanjiran. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1. Genangan air yang tinggi berpotensi masuk ke bagian mesin dan transmisi, sehingga sangat disarankan untuk tidak menyalakan Vespa yang terendam. Hal ini karena potrenti terjadinya water hammer di mesin. Water hammer dapat terjadi ketika ada air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi hingga membuat mesin jebol.

 

2. Sebaiknya jangan menyalakan stop kontak jika Vespa matic yang sempat terendam air tersebut. Menyalakan stop kontak pada Vespa matic yang baru saja terendam berpotensi memicu korsleting pada sistem kelistrikannya.

 

3. Saat Vespa kebanjiran, jangan ragu untuk segera membawa ke bengkel spesialis Vespa terdekat. Bengkel spesialis Vespa biasanya lebih paham masalah dan seluk beluk Vespa dibandingkan bengkel umum, sehingga bisa dilakukan diagnosa awal seperti cek filter udara, cek transmisi CVT, cek oli mesin, cek oli gearbox, kondisi knalpot dan kelistrikan.