Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Rekomendasi Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula

Rekomendasi Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula

Rekomendasi Gunung Indonesia untuk Pendaki Pemula

Blog_Voucher

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Selain laut, mendaki gunung juga dijadikan destinasi melepas penat. Menyaksikan panorama matahari terbit langsung dari puncak gunung, memandang hamparan awan putih akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Nggak heran jika banyak pemula yang ingin mencoba mendaki gunung Indonesia untuk pertama kali. Jika kamu salah satunya, berikut beberapa gunung Indonesia yang bisa dijadikan referensi untuk para pendaki pemula.

 

1. Gunung Pulosari, Banten

ticmpu.id

Jika kamu ingin mendaki gunung yang tidak jauh dari ibu kota, Gunung Pulosari bisa dijadikan sebagai salah satu referensinya. Gunung yang terletak di Pandeglang, Banten ini tergolong ramah bagi pendaki pemula karena ketinggiannya yang hanya 1.346 mdpl dan perjalanan menuju puncak memakan waktu kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan kamu bisa menikmati pemandangan hutan dengan berbagai jenis tumbuhan, Curug Putri, dan Kawah Ratu.

 

2. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

indonesiatravel.com

Gunung Nglanggeran yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul dengan ketinggian 700 mdpl dan medan yang cenderung landai sehingga cukup memakan waktu 1 jam untuk sampai ke puncaknya. Gunung ini memiliki fasilitas tangga-tangga kayu dan tali yang bisa membantumu untuk melewati medan tersebut. 

 

3. Gunung Batur, Bali

wikipedia.com

Bosan main ke pantai saat berada di Bali, mendaki Gunung Batur bisa menjadi pilihan selanjutnya. Gunung Batur yang terletak di daerah Kintamani dengan ketinggian 1.717 mdpl dengan waktu pendakian paling lama 3 jam. Sesampai di puncak, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan salah satu kaldera terindah di dunia dengan pusatnya Danau Batur.

 

4. Gunung Prau, Jawa Tengah

destinasidieng.com

Gunung Prau terletak di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Patak Banteng. Puncak Gunung Prau menawarkan pemandangan hamparan awan dan kecantikan matahari terbit karena tingginya mencapai 2.565 mdpl. Pada ketinggian tersebut kamu dapat melihat pemandangan puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

 

5. Gunung Gede, Jawa Barat

goodnewsfromindonesia.id

Jika kamu ingin melihat keindahan hamparan bunga edelweis, Gunung Gede bisa jadi salah satu rekomendasinya. Terletak di Bogor, Jawa Barat, gunung ini masih termasuk bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Kamu bisa mendaki gunung berketinggian 2.958 mdpl ini melalui jalur Cibodas yang medannya tidak terlalu terjal dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Selama perjalanan kamu akan melihat pemandangan air terjun Cibereum, sumber air panas, hingga telaga.