Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Rekomendasi Buku Membahas Mental Health

Rekomendasi Buku Membahas Mental Health

Rekomendasi Buku Membahas Mental Health

Blog_Voucher

Kesehatan mental atau mental health kini sudah menjadi salah satu pembahasan yang sudah tak lagi tabu. Peka terhadap kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan tubuh lainnya. Selain dari praktisi yang expert di bidangnya, ilmu mental health juga bisa didapat dari buku-buku yang dijual di pasaran.


Kini telah banyak buku yang membahas secara spesifik tentang mental health. Buku ini tidak hanya dibuat untuk orang-orang yang mengalami masalah mental health, namun untuk seluruh orang yang ingin mengetahui dan belajar lebih dalam mengenai mental health.

 

1. Girl, Interrupted - Susanna Kaysen

amazon.com

Pada buku ini sang penulis, Susanna Kaysen menceritakan pengalamannya selama satu setengah tahun di dalam rumah sakit jiwa setelah didiagnosa mengidap gangguan kepribadian. Ia menggambarkan rasa sakit dan kengerian yang dialami olehnya dan sesama pasien di sana, yang tentunya berhubungan dengan pergulatan dengan penyakitnya sendiri. Buku ini sempat dibuat dalam bentuk film yang dibintangi oleh Angelina Jolie dan Winona Ryder.

 

2. Check Your Mental Health – Nurul Chomaria, S. Psi

gramedia.com

Ketika kita berada pada masa remaja, tentu akan memiliki lebih banyak gejolak yang timbul. Gejolak yang timbul tersebut disebabkan oleh perkembangan dari fisik dan juga mental yang bergerak secara drastis. Padahal masa remaja adalah masa yang pendek, karena hanya ada selama 10 tahun saja. Buku ini hadir untuk mengajak kamu agar memahami perkembangan yang terjadi pada masa remaja. Sehingga kita dapat menerima apa yang terjadi pada masa remaja secara alamiah serta disediakan berbagai tes psikologi.  

 

3. Reasons to Stay Alive - Matt Haig

amazon.com

Setelah menjauh dari dorongan bunuh diri, Matt Haig menulis buku berjudul Reasons to Stay Alive untuk membagikan pengalamannya dan alasan memutuskan untuk tetap hidup. Buku ini menawarkan wawasan tentang proses pemulihan dari penyakit mental dan bagaimana kita bisa hidup dengan kecemasan dan depresi yang ada di dalam diri.

 

4. Warning: Psychiatry Can Be Hazardous to Your Mental Health – William Glasser, M.D.

amazon.com
Pada buku ini William Glasser menjelaskan dalam perubahan besar yang telah terjadi dalam perawatan mental health dalam beberapa tahun terakhir. Jutaan pasien secara rutin diberikan resep untuk berbagai macam obat termasuk Ritalin, Prosac, Zoloft dan obat-obatan terkait yang dapat berbahaya bagi otak. Generasi pasien sebelumnya akan menjalani psikoterapi tanpa bahan kimia yang merusak otak. Glasser menjelaskan implikasi luas dari perubahan radikal dalam pengobatan dan apa yang dapat dilakukan untuk melawannya.

Pada dasarnya, Dr. Glaser percaya bahwa kita semua memiliki pilihan untuk dibuat, dan memahami pilihan-pilihan itulah yang membebaskan kita dari ikatan yang tidak bahagia. Di sini, ia memperluas pandangannya ke dalam penyakit obat-obatan psikiatri.

 

5. The Bell Jar - Sylvia Plath

amazon.com

The Bell Jar karya Sylvia Plath sering disebut-sebut sebagai buku novel tentang penyakit mental yang paling terkenal. Novel ini menceritakan Esther Greenwood, seorang wanita jenius yang harus terpuruk karena mengalami gangguan mental. Buku ini menunjukkan kisah klasik yang menunjukkan alasan mereka yang mengidap penyakit mental sangat membutuhkan perhatian dan kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya.