Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Jangan Khawatir! Pakai 5 Tips ini untuk Membuat Voice Over

voice over

Jangan Khawatir! Pakai 5 Tips ini untuk Membuat Voice Over

Blog_Voucher

Voice over adalah teknik yang populer digunakan dalam produksi konten audio dan video, dari video presentasi hingga podcast dan iklan. Meski terlihat mudah, membuat voice over punya tantangan sendiri, apalagi untuk para pemula. Berikut adalah lima tips penting untuk membuat voice over.

1. Siapkan Skrip

Sebelum mulai merekam, siapkan skrip yang jelas dan terstruktur. Pastikan skrip tersebut mudah dimengerti dan terdengar alami ketika diucapkan. Praktikkan membaca skrip beberapa kali sebelum merekam untuk memahami intonasinya. 

2. Latihan untuk Pelafalan dan Artikulasi

voice over

Dok. Pinterest (@wordpressdotcom)

Untuk membuat voice over dengan jelas, lakukan latihan untuk pelafalan dan artikulasi setiap kata.

3. Pilih Suara yang Tepat

Pilih dan latih suara yang sesuai dengan kontenmu. Suara yang hangat dan ramah cocok untuk materi edukatif atau podcast, sementara suara yang lebih serius mungkin lebih tepat untuk presentasi bisnis atau materi berita.

4. Gunakan Alat yang Memadai

voice over

Dok. Pinterest (@adorama)

Bila kamu berniat untuk serius mendalaminya, investasilah di alat yang memadai. Merekam voice over menggunakan HP memang bisa, tapi tentu kualitas suaranya pasti berbeda. Selain itu, jangan lupa pastikan kamu berbicara denngan jelas dan jarak antara perekam suara dan bibirmu tidak terlalu dekat atau terlalu jauh. Pastikan juga kamu merekam suara di tempat yang tidak banyak gangguan suara.

5. Kontrol Intonasi dan Kecepatan

Kontrol intonasi suara selama merekam suara. Jangan monoton, variasikan intonasi untuk menjaga ketertarikan pendengar. Selain itu, kendalikan kecepatan bicara. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat; pertimbangkan tempo yang sesuai untuk audiens-mu.

Semakin kamu berlatih, pasti kamu akan semakin baik dalam mengendalikan suara dan mengekspresikan emosi melalui kata-kata. Tentu hal ini akan sangat bermanfaat untuk menggaet audiens agar mereka menonton atau mendengar konten yang kamu buat sampai akhir.