Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Jangan Bingung! Ini 7 Tips Menulis Blog

blogging tips and tricks

Jangan Bingung! Ini 7 Tips Menulis Blog

Blog_Voucher

Menulis blog adalah kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kita bisa menambah pengetahuan, merefleksikan banyak hal, dan bisa menambah pengetahuan baru untuk orang lain. Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa konsisten menulis blog.

blogging tips and tricks

Dok. Pinterest (@NaturalAnnie15)

1. Tentukan Tujuan dan Topik

Sebelum memulai, tentukan tujuanmu menulis blog. Apakah kamu ingin berbagi pengetahuan, mendapatkan penghasilan, atau mempromosikan bisnis? Pilih topik yang kamu suka dan kuasai sehingga kamu akan lebih termotivasi untuk menulis secara konsisten.

2. Buat Jadwal Menulis

Buat jadwal rutin untuk menulis. Konsistensi sangat penting dalam blogging. Jadwal ini bisa harian, mingguan, atau sesuai kemampuanmu. Pastikan kamu konsisten mengikuti jadwal tersebut.

3. Cari Inspirasi

Jangan ragu untuk mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti berita, buku, atau pengalaman pribadi. Ini akan membantu menghasilkan ide-ide segar untuk konten blog-mu.

4. Rencanakan dan Susun Ide

Setelah mendapat ide, susun rencana tulisanmu. Buat kerangka artikel dengan pengenalan, isi, dan penutup yang jelas. Ini akan membantu menulis lebih efisien.

5. Jangan Lupa Riset!

blogging tips and tricks

Dok. Pinterest (@theeverygirl)

Selalu luangkan waktu untuk memahami topik yang akan kamu tulis. Meski kamu merasa sudah menguasai topiknya, jangan sampai kamu tidak mencari sumber lain untuk membuat tulisanmu semakin akurat dan kredibel. 

6.Tulis dengan Ringkas dan Jelas

Usahakan untuk menulis dengan gaya ringkas dan jelas. Gunakan paragraf pendek, kalimat yang efektif dan mudah dimengerti, dan hindari jargon yang berlebihan.

7. Edit dan Proofread

Setelah menulis, ambil waktu sejenak, misalnya 1-2 jam. Setelah itu, baca ulang tulisan yang sudah kamu buat. Di sini, posisikan dirimu sebagai pembaca agar kamu dapat menyunting tulisan dengan baik dan sesuai dengan target audiensmu.

Sikap konsisten akan membantumu menjadi blogger sukses. Jangan pernah ragu untuk berbagi pengetahuan dengan dunia melalui blog-mu!