Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: Deretan Dokumenter Netflix yang Kontroversial

Deretan Dokumenter Netflix yang Kontroversial

Deretan Dokumenter Netflix yang Kontroversial

Blog_Voucher

Netflix memang menjadi salah satu platform untuk kamu yang hobi menonton. Pada Netflix kamu akan menemukan berbagai genre film dan serial dari berbagai negara. Salah satu genre yang menarik ialah dokumenter.

Berbeda dari genre lainnya, dokumenter menceritakan kejadian nyata dan tidak ada unsur cerita fiktif untuk dibuat – buat untuk mendramatisir adegan sepanjang film. Biasanya dalam film dokumenter menampilkan rekaman kejadian yang direkam langsung saat kegiatan nyata tersebut dan tidak ada unsur hiburan yang berlebihan. 

Netflix memiliki deretan dokumenter yang menarik untuk ditonton. Beberapa diantaranya menimbulkan kontroversi hingga jadi trending topic di sosial media. 

 

1. Harry and Meghan

netflix.com

Rilis pada tahun 2022 lalu, Kehidupan asmara Pangeran Harry dan sang istri, Meghan Markle menyita perhatian publik selepas undur diri dari Kerajaan Inggris. Hubungan antara Harry dan sang kakak, Pangeran William dikabarkan semakin retak setelah dokumenter ini rilis. Terlebih Netflix juga pada akhirnya berurusan dengan sejumlah pihak lantaran menayangkan wawancara Lady Diana kepada wartawan.
Cuplikan wawancara tersebut seharusnya tidak boleh ditayangkan lagi. Bahkan BBC yang mengklaim memiliki aset rekaman tersebut sudah enggak pernah menggunakannya lagi. 

 

2. The Devil Next Door

netflix.com

Film ini mencoba menampilkan tragedi tersebut lewat kesaksian orang-orang yang berkaitan dengan Holocaust. Pada perang dunia ke dua, Jerman yang kala itu dipimpin oleh Nazi melangsungkan genosida pada jutaan orang Yahudi dalam sebuah tragedi bernama Holocaust. Orang-orang Yahudi tersebut disiksa dan dibunuh dengan begitu keji.

 

3. Seaspiracy

netflix.com

Seaspiracy sendiri merekam betapa masifnya perburuan biota laut di seluruh dunia. Terlebih pencemaran lingkungan yang terjadi juga membuat banyak hasil tangkapan menjadi tidak layak konsumsi. Selain itu Seaspiracy juga menemukan dugaan korupsi yang besar dalam industri perikanan komersial.

 

4. Making a Murder

netflix.com

Serial ini memiliki dua musim yang tayang dalam rentang tahun 2015 hingga 2018. Making a Murder berkisah tentang Avery seorang pembunuh yang di penjara selama 18 tahun. Setelah bebas, dalam waktu dua tahun setelahnya Avery ditangkap kembali atas tuduhan yang sama. Serial ini pada musim pertamanya mengangkat kisah tentang penangkapan kembali Avery, sementara musim kedua mengungkapkan jika penangkapan Avery adalah jebakan.

Dokumenter ini mengakibatkan banyak warga Amerika Serikat mengajukan petisi supaya Avery dibebaskan. Namun Netflix menerima gugatan dari petugas penegak hukum yang menuding platform merah itu sengaja memutar balikan fakta hukum yang menjerat seorang Avery.


5. Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

netflix.com

Dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia karena dokumenter ini mengusut tentang salah satu kasus kontroversial yang pernah terjadi di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Dokumenter yang disutradarai oleh Rob Sixsmith ini ini mengulas berbagai pertanyaan tak terjawab seputar persidangan Jessica Wongso selama bertahun-tahun setelah kematian sahabatnya sendiri, Wayan Mirna Salihin.