Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 7 Trik Fotografi yang Mudah, Cocok untuk Pemula

7 Trik Fotografi yang Mudah, Cocok untuk Pemula

7 Trik Fotografi yang Mudah, Cocok untuk Pemula

Blog_Voucher

Dunia fotografi memang menjadi hal yang menyenangkan untuk ditekuni. Melalui sebuah foto, kita bisa memperlihatkan hal yang indah dan menawan. Nggak heran jika beberapa orang memilih fotografi sebagai sebuah profesi.

Namun untuk mendapatkan hasil foto terbaik, terdapat banyak teknik fotografi yang bisa kamu coba. Kamu hanya perlu mengasah kreativitas dan permainan trik fotografi. Terdapat beberapa teknik fotografi yang bisa kamu coba menggunakan perlengkapan yang mudah ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Trik-trik ini juga cocok dicoba untuk kamu yang pemula dalam bidang fotografi lho. Selengkapnya simak di bawah ini.

 

1.Gunakan pola daun

behance.net

Tanaman memiliki beragam bentuk yang menarik. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk fotomu. Cukup gunakan daun untuk mendapatkan pola bayangan sehingga membuat hasil foto yang terlihat lebih alami atau natural 

 

2. Memakai gorden 

pinterest.com

Jika menginginkan hasil foto bernuansa gloomy, penggunaan gorden bisa menjadi trik fotografi selanjutnya. Kain tirai yang menerawang akan membuat cahaya dari luar ruangan mudah masuk sehingga bisa menghasilkan foto terbaik. 

 

3. Golden & blue hour 

pinterest.com

Cahaya alami merupakan cahaya terbaik yang bisa kamu coba saat melakukan trik fotografi. Kamu bisa memanfaatkan momen golden hour dan blue hour saat memotret. Golden Hour merupakan momen di mana matahari senja bersinar memancarkan warna kuning-jingga keemasan sedangkan blue hour  merupakan momen saat langit terlihat memiliki beberapa lapis warna gradasi, dari biru ke jingga. 

 

4. Cahaya hitam dan cat neon

miops.com

Perpaduan  antara cat neon dan black light bisa menjadi trik fotografi selanjutnya yang bisa kamu coba. Dua hal ini mampu menghasilkan foto yang sangat bagus. 

 

5. Slow exposure

miops.com

Trik ini bisa kamu coba jika ingin mengambil objek foto di tengah-tengah objek lain yang bergerak. Teknik slow exposure membuat objek bergerak lainnya terlihat buram dan membentuk efeknya sendiri sehingga cocok untuk kamu yang senang mengambil gambar di tengah keramaian kota malam hari.

 

6. Smartphone untuk refleksi foto

miops.com

Meletakkan handphone di depan lensa kamera bisa menjadi salah satu trio fotografi yang mudah dilakukan. Layar handphone yang gelap dapat memantulkan bayangan dari objek foto. Kamu hanya butuh mengatur fokus sehingga layar handphone terlihat buram dan menampilkan pantulan bayangan objek foto.

 

7. Kertas sebagai filter efek gambar

Onedio.co

Trik ini sangat cocok untukmu yang ingin mendapatkan efek buram yang membingkai objek fotomu. Caranya cukup gunakan selembar kertas berwarna hitam dan potong sebesar lensa kamera. Buat lubang di tengah dengan ukuran sesuai kebutuhan lalu kamu bisa menempatkan kertas tersebut di depan lensa kamera.