Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Tips untuk Menabung Dana Darurat

tips menabung

5 Tips untuk Menabung Dana Darurat

Blog_Voucher

Dana darurat adalah salah satu hal penting dalam finansial. Memiliki dana darurat dapat membantumu saat ada situasi darurat seperti tiba-tiba kehilangan pekerjaan, ada perbaikan rumah yang mendesak, kesehatan yang memburuk, dan sebagainya. Ini dia 5 tips untuk menabung dana darurat.

1. Tentukan Tujuan Dana Darurat

tips menabung

Dok. Pinterest (@pdpictures)

Mulailah dengan menentukan berapa banyak uang yang harus kamu tabung dalam dana darurat. Tujuannya adalah memiliki cukup uang untuk menutup pengeluaran rutin selama beberapa bulan. Idealnya, orang yang belum menikah dan tidak ada tanggungan bisa menabung dana sebanyak 6x pengeluaran bulanan, sedangkan yang sudah menikah sebanyak 12x pengeluaran bulanan.

2. Buat Rencana Anggaran

Untuk membangun dana darurat, kamu perlu mengatur rencana anggaran yang disiplin. Lihat pengeluaran rutinmu dan tentukan di bagian mana kamu bisa berhemat. Lalu, alokasikan uangnya setiap gajian supaya tidak terpakai untuk kebutuhan yang lain.

3. Gunakan Akun Terpisah

Untuk menghindari menghabiskan uang yang sudah disisihkan untuk dana darurat, pertimbangkan untuk membuka akun terpisah atau rekening tabungan yang hanya digunakan untuk tujuan tersebut. Saat ini, sudah banyak akun bank digital yang menyediakan berbagai pos pengeluaran sehingga dana darurat bisa kamu pisahkan sendiri.

4. Kurangi Utang Konsumtif

Jika kamu memiliki utang konsumtif, pertimbangkan untuk melunasinya sesegera mungkin. Selain itu, kurangi kebiasaan berutang konsumtif. Utang yang ideal biasanya adalah utang yang digunakan untuk membangun produktivitasmu. Misal, kamu seorang video editor dan butuh laptop yang memadai untuk bekerja, maka kamu bisa berutang supaya bisa mendapat pendapatan yang lebih banyak dan utang itu tetap bisa lunas sesegera mungkin.

5. Disiplin dan Konsisten

tips menabung

Dok. Pinterest (@marwatulips)

Membangun dana darurat memerlukan disiplin dan konsistensi. Jadwalkan transfer otomatis ke akun dana darurat setiap kali menerima gaji atau pendapatan lainnya. Dengan cara ini, kamu secara otomatis akan menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat.