Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Tips Nabung yang Efektif Dilakukan Para Pemula

5 Tips Nabung yang Efektif Dilakukan Para Pemula

5 Tips Nabung yang Efektif Dilakukan Para Pemula

Blog_Voucher

Menabung adalah salah satu cara mengelola keuangan yang sangat berguna untuk masa depan. Walau bukan menjadi hal baru, beberapa orang merasa kesulitan untuk mulai menabung. Jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk mulai menabung. Jika sebelumnya kamu belum terbiasa menabung, terdapat tips-tips yang efektif dicoba untuk kamu yang baru mau mencoba menabung.

 

1. Tentukan tujuan kamu untuk menabung

Sebelum memulai menyisihkan uang, perlu diketahui apa tujuan kamu menabung atau goals apa yang ingin dicapai. Misalnya untuk membeli rumah, bisnis usaha, investasi atau bahkan liburan. Jika kamu telah mengetahui tujuannya, target menabung akan semakin mudah untuk dijalani.Jangan lupa untuk menulis tenggat waktunya dan jumlah dana yang kamu butuhkan.

 

2. Pisahkan sebagian uang setelah menerima gaji 

Setelah mendapat gaji sebaiknya segera pisah-pisahkan uangmu untuk menabung dan untuk kebutuhan lainnya. Misalnya 5-10% untuk dana sosial, 20% untuk membayar cicilan, 10% untuk hiburan, 20% untuk kebutuhan tidak terduga dan 40% untuk kebutuhan pokok bulanan yang harus kamu penuhi.

 

3. Miliki dua rekening yang berbeda

Hal ini diyakini mampu membuatmu lebih mudah saat menabung. Sebaiknya kamu membuka dua rekening secara terpisah untuk memudahkan kamu dalam mengatur arus pengeluaran yang terjadi dalam setiap bulan. Selain memudahkanmu saat menabung, dengan membuka dua rekening secara terpisah kamu dapat mengetahui semua pengeluaran yang terjadi dalam rekeningmu supaya kehidupan bulananmu tidak lebih besar daripada pemasukan.

 

4. Belajar hemat

Walau telah melakukan tips-tips di atas, jika kamu tidak menerapkan gaya hidup hemat maka proses menabung menjadi kurang maksimal. Hindari menghabiskan uang untuk kegiatan yang tidak terlalu penting. Usahkan untuk selalu disiplin dalam mengeluarkan uang hingga selalu on-budget.

 

5. Lakukan secara rutin

Menabung secara rutin setiap bulannya dapat membantu kamu untuk membangun kebiasaan finansial yang baik. Walau mungkin merasa sulit diawal, namun kamu akan mulai terbiasa hingga tidak menjadikan menabung sebagai aktivitas yang membebani. Tetap ingat tujuanmu dalam menabung sehingga tetap semangat hingga mencapai nominal yang diinginkan.