Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Menabung Dana Darurat

tips menabung

5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Menabung Dana Darurat

Blog_Voucher

Menabung dana darurat adalah langkah penting dalam mengelola keuangan pribadi yang sehat. Dana darurat memberikan perlindungan finansial saat terjadi kejadian tak terduga, seperti krisis kesehatan, kehilangan pekerjaan, atau perbaikan mendesak. Berikut adalah lima tips untuk membantumu menabung dana darurat.

1. Tentukan Target Dana Darurat

tips menabung

Dok. Pinterest (@countryliving)

Pertama-tama, tentukan berapa nominal uang yang ingin tabung untuk dana darurat. Umumnya, dana darurat untuk kamu yang masih single bisa berkisar atara 3-6 kali pengeluaran rutin bulanan. Namun, jika kamu sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan, usahakan minimal 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

2. Buat Anggaran dan Tetapkan Prioritas

Buat anggaran bulanan yang memasukkan tabungan dana darurat sebagai prioritas. Identifikasi di pos pengeluaran mana kamu bisa mengurangi pengeluaran, seperti misalnya makan di luar atau hiburan. Setelah itu, alihkan uang tersebut ke rekening dana darurat.

3. Gunakan Rekening Terpisah atau Tabungan Otomatis

Salah satu cara terbaik untuk menabung dana darurat adalah dengan mengatur rekening tabungan terpisah atau otomatis. Setiap kali kamu menerima gaji atau pendapatan, alokasikan sejumlah uang ke rekening ini sebelum kamu memiliki kesempatan untuk menghabiskannya.

4. Selalu Prioritaskan Dana Darurat

tips menabung

Dok. Pinterest (@parentmap)

Seringkali, orang mengalihkan fokus mereka dari menabung dana darurat ketika ada tujuan keuangan lain, seperti liburan atau pembelian barang mewah. Ingatlah bahwa dana darurat adalah prioritas utama, dan hindari mengorbankan kontribusi ke rekening ini untuk keinginan sesaat.

5. Evaluasi dan Perbarui Secara Rutin

Dana darurat tidak boleh menjadi pos tabungan yang kamu abaikan. Selalu evaluasi kemajuanmu secara berkala dan perbarui tujuanmu jika ada perubahan dalam kondisi finansial. Misalnya, jika kamu menikah, memiliki anak, atau mendapatkan pekerjaan baru, kamu mungkin perlu menyesuaikan target dana darurat.

Menabung dana darurat adalah salah satu hal terpenting dalam kondisi keuanganmu. Dana darurat memberi rasa aman karena kamu "siap" secara finansial ketika mengalami situasi darurat.