Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Rekomendasi Film Bertema Sejarah Islam

5 Rekomendasi Film Bertema Sejarah Islam

5 Rekomendasi Film Bertema Sejarah Islam

Blog_Voucher

Bulan Ramadan bisa dijadikan momen untukmu mengenal lebih dalam tentang Islam. Selain beribadah, salah satu hal yang bisa kamu lakukan ialah menonton film bertema sejarah Islam. Film ini dapat memperdalam ilmu keislaman dan keimanan serta pengetahuan dalam sejarah Islam di dunia. Bisa dijadikan teman ngabuburit deh.

 

1. The Message

The Message dirilis pada tahun 1976 dalam bahasa Arab dan Inggris. Mengisahkan kehidupan Nabi Muhammad SAW dalam menyiarkan agama Islam, dimulai sejak Rasulullah SAW menerima wahyu di Gua Hira sampai peristiwa menentang para pemimpin kaum Quraisy. Tidak perlu khawatir, Nabi Muhammad SAW dalam film ini tidak digambarkan secara visual.

 

2. Fetih 1453

Fetih 1453 merupakan film Turki tentang sejarah Islam mengenai penaklukan Konstantinopel. Film ini bermula dari rencana penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed II (Devrin Evin). Menginjak usianya ke-12 tahun, ia diangkat menjadi sultan. Sultan Mehmed II dikenal sebagai raja yang ambisius. Ia percaya bahwa ia ditakdirkan untuk menaklukkan Konstantinopel. Akhirnya pada suatu malam, Sultan Mehmed II memimpin ribuan tentara ke gerbang kota untuk menaklukkan Konstantinopel sampai menang. Film Fetih 1453 ini tayang sejak 2012 lalu dan masih bisa ditonton hingga saat ini.

 

3. Omar ibn Al Khattab

Kisah sahabat Nabi Umar bin Khattab juga dituangkan dalam seri film berjudul Omar ibn Al Khattab. Rilis pada 2012 lalu, alur film ini berpusat tentang kepemimpinan Umar bin Khattab usai menggantikan posisi Abu Bakar sebagai khalifah. Film ini juga menceritakan kilas balik saat Umar yang dulunya menentang Islam kemudian justru memeluk Islam karena mendapat hidayah dari Allah SWT. Bukan hanya itu, film Omar ibn Al Khattab pun memberikan gambaran mengenai seberapa besar pengaruh Umar dalam menyebarkan agama Islam. Bahkan, terdapat cerita mengenai pembebasan Bilal dan kejahatan Abu Jahal dan Abu Lahab dalam film ini.

 

4. The Kingdom of Solomon

The Kingdom of Solomon mengisahkan tentang kisah Nabi Sulaiman AS dan awal mula pengangkatannya menjadi raja. Cerita dalam film The Kingdom of Solomon banyak diambil dari catatan tentang kehidupan Nabi dalam Al-Qur'an.

 

5. Bilal: A New Breed of Hero

Rekomendasi film bertema sejarah Islam yang terakhir adalah film animasi Bilal: A New Breed of Hero. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata kehidupan Bilal bin Rabah yang dikenal dengan suaranya yang indah. Film tahun 2015 ini berkisah tentang seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang bercita-cita menjadi seorang kesatria. Ia mengalami kekejaman dan ketidakadilan usai diculik bersama saudaranya. Walau begitu, Bilal akhirnya mendapatkan kekuatan dan menjadi muazin hingga menjadi sahabat Nabi Muhammad SAW.