Skip to content

Cart

Your cart is empty

Article: 5 Alasan Kenapa Jerawatmu Tidak Berhenti Muncul

5 Alasan Kenapa Jerawatmu Tidak Berhenti Muncul

5 Alasan Kenapa Jerawatmu Tidak Berhenti Muncul

Blog_Voucher

Muncul jerawat pada wajah memang menyebalkan, terutama jika muncul di area yang sama berulang kali. Selain membuat tidak nyaman dan kesal, jerawat juga bisa membuat insecure karena mengganggu penampilan. Ada 5 alasan utama  penyebab jerawat yang terus muncul pada wajah, yuk simak artikel di bawah ini!

1. Memencet Jerawat

Sumber: Glam

Hindari memencet atau menekan jerawat saat sedang tumbuh, terutama dengan tangan yang kotor. Hal ini dapat mendorong sumbatan pori-pori kulit lebih dalam dan memperpanjang waktu penyembuhan, serta meninggalkan bekas jerawat yang memerah atau menghitam.

Selain itu, jerawat kemungkinan besar akan muncul kembali di area yang sama. Sebaiknya gunakan obat jerawat yang direkomendasikan dokter atau sesuai dengan kondisi kulit kamu.

2. Pakai Skincare yang Salah

Sumber: Forbes

Beragam produk skincare dari dalam dan luar negeri selalu menarik bagi perempuan karena tingkat penasaran yang tinggi. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua produk skincare cocok dengan kulit wajahmu.

Salah satu tanda ketidakcocokan adalah munculnya rasa panas dan gatal pada wajah setelah mencobanya. Jangan ragu untuk menghentikan penggunaan skincare yang tidak cocok dengan kulitmu karena hal ini dapat memicu jerawat yang terus muncul dan tidak membantu merawat kulitmu. Pastikan skincare yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulitmu ya!

3. Terlalu banyak konsumsi makanan manis

Sumber: Unsplash.com

Jerawat bisa muncul karena terlalu banyak makan makanan manis dan produk olahan susu. Sebaliknya, mengonsumsi makanan sehat seperti kacang dan ikan laut secara rutin dapat membantu menghindari jerawat dan masalah kulit lainnya.

4. Tingkat stres yang tinggi

Sumber: Drexeel University

Jerawat yang muncul secara terus-menerus pada pipi dapat disebabkan oleh tingkat stres yang tinggi. Sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tetapi dapat memicu perubahan hormon yang dapat memperburuk kondisi jerawat seseorang.

Untuk menghindari stres, sebaiknya kamu istirahat yang cukup, melakukan olahraga secara rutin, menerapkan pola makan yang sehat, dan melakukan hobi yang positif.

5. Menggunakan makeup yang tidak cocok

Sumber: NBC

Pakai kosmetik yang tidak cocok bisa menjadi penyebab munculnya jerawat, terutama jika kosmetik tersebut bersifat komedogenik yang dapat menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi jerawat.

Oleh karena itu, jika setelah menggunakan produk makeup muncul jerawat, sebaiknya menghentikan penggunaan dan memilih produk makeup khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat yang tidak menyumbat pori-pori.